Posting Baru :
Home » » Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Ditulis Oleh Edgar Gea on Friday 18 October 2013 | 23:15

Laptop merupakan komputer paling mudah di bawah, selain tips dan ringan juga lebih canggih. dan pembahasan kali ini saya ingin share tentang Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak. Mungkin bagi anda sering kali menghiraukan sang laptop di biarkan dan cuma memakainya saja, tapi tidak melihat sisi negatif dalam pemakaian yang tidak sesuai prosedur, karena berapapun harga laptop mulai dari spesifikasinya yang jelek samapi bagus sekalipun kalau tidak kita rawat dengan baik pasti tidak akan tahan lama. Banyak sekali macam kerusakan yang akan di alami laptop kita, mulai terkecil sampai terbesar contohnya kerusakan pada motherboard laptop. maka dari itu kita simak beberapa Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak berikut ini

Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak antara lain :

Letakkan pada tempat yang keras 
Mengapa harus diletakkan pada tempat yang keras? Karena, jika anda meletakkan laptop di tempat yang empuk seperti kasur, sofa dan bantal dapat menutup aliran udara panas yang keluar dari laptop yang mengakibatkan sirkulasi udara pada laptop menjadi terganggu.

Jangan sampai baterai dalam keadaan habis
Hal ini masih sering dilakukan oleh mereka yang merasa tanggung untuk segera mengisi atau men-charge laptop mereka. Hal ini mungkin disebabkan karena orang-orang sedang tanggung bermain game, menulis, internetan, dan lain sebagainya. Jika tidak segera di charge, maka laptop akan kehabisan daya dan mati. Nah, kalau hal ini terjadi akan menimbulkan banyak sekali efek yang kurang baik terhadap Baterai (Cycle Count). Saran saya, selagi anda masih bisa men-charge laptop, gunakanlah laptop anda dalam keadaan sambil ter-charge. Hal ini lebih baik. Atau kalau tidak bisa melakukan charge jika baterai sudah berada pada posisi 15%

Usahakan Tegangan listrik yang stabil 
Saat anda men-charge laptop anda, perhatikan aliran listrik yang masuk ke adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil, akan membuat adaptor cepat rusak dan membuat baterai anda drop. Biasanya, hal ini terjadi saat men-charge di dalam mobil.

Sering Lakukan Defrag HardDisk 
Lakukan defrag hardDisk secara rutin supaya kinerja HardDisk menjadi lebih baik dan mengurangi penggunaan baterai serta komponen hardware lainnya.
ada di dalam laptop.

External Device 
External Device seperti HardDisk Eksternal, WiFi, Bluetooth, dll akan menguras baterai pada laptop anda. Semakin banyak external device yang terhubung, maka akan semakin banyak pula daya baterai yang terpakai. Saya sarankan, jika tidak sedang digunakan, sebaiknya External Device tersebut dilepas dari laptop.

Usahakan Mempunyai Kapasitas RAM Besar
Semakin besar kapasitas RAM pada laptop anda, maka akan membuat baterai laptop anda semakin irit. Karena performa laptop akan lebih ringan, sehingga penggunaan beban baterai berkurang.
Usahakan agar Adaptor selalu terpasang saat anda menggunakan laptop
Ternyata masih banyak orang yang salah dengan hal ini. Banyak orang yang menganggap bahwa memasang Adaptor saat menggunakan laptop dapat menyebabkan drop pada baterai. Hal itu memang bisa terjadi pada tipe-tipe laptop jadul (sebelum tahun 1996). Nah, laptop-laptop modern seperti sekarang ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur "Control Battery". Hal ini bertujuan untuk menghindari pemakaian laptop dengan menggunakan daya listrik DC. Memasang Adaptor secara langsung tanpa memasang baterai pada laptop, akan berpotensi membuat kerusakan pada laptop. Karena apabila suatu saat tegangan listrik dirumah anda padam, maka akan berdampak pada laptop anda. Antara lain, mengakibatkan kerusakan pada HardDisk, Mother board, dll. Tetapi, memang sebaiknya penggunaan dilakukan saat baterai sedang terisi dan tidak sedak melakukan charging.

Hindarkan laptop dari air 
Mungkin untuk tips yang satu ini sudah banyak orang yang paham. Karena bukan hanya laptop, semua barang elektronik takut terhadap air. Tapi, kalau laptop anda tterkena air, keringkan dulu sampai laptop anda benar-benar kering sebelum anda menggunakan kembali laptop anda.

Gunakan charger original 
Gunakanlah charger original dari laptop anda. Karena, memang para produsen laptop telah mendesain produk mereka berdasarkan standar-standar kualitas tertentu.
Tutup layar laptop ketika tidak sedang digunakan
Hal ini dilakukan untuk menghindari jatuhnya kotoran, debu ataupun benda-benda disekitar anda yang bisa merusak monitor maupun keyboard. Kalau bisa, gunakan kain pembatas antara keyboard dan monitor untuk menghindari goresan pada layar monitor. Kalau kita beli laptop baru, biasanya kain pembatas ini disertakan juga.

Gunakan software antivirus
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan software antivirus, pastikan Anda memiliki perangkat lunak antivirus pada komputer Anda. Software sejenis ini dirancang untuk melindungi komputer dari serangan virus yang terdeteksi sehingga Anda tidak perlu khawatir. Tetapi dengan gencarnya jenis virus baru yang muncul setiap harinya, program antivirus juga membutuhkan peremajaan (update), seperti annual flu shots untuk mengenali virus-virus baru.
Pastikan Anda melakukan pembaharuan perangkat lunak antivirus secara teratur. Semakin sering memperbaharuinya, tentunya softrwae tersebut akan menjadi lebih baik dalam menjaga kondisi komputer Anda. Periksa situs resmi perusahaan software antivirus untuk melihat beberapa deskripsi mengenai virus dan untuk mendapatkan update reguler untuk perangkat lunak Anda.

Jangan membuka e-mail atau lampiran dari sumber yang tidak diketahui
Cara merawat komputer selanjutnya adalah jangan sembarangan membuka e-mail dari sumber yang tidak jelas. Sebelum Anda membuka pesan masuk pada, pastikan bahwa pesan tersebut berasal dari akun e-mail yang Anda kenal dengan baik. Jika Anda tidak mengetahui siapa yang mengirimkannya, alangkah baiknya Anda berhati-hati dalam membuka file dari si pengirim, bisa jadi itu adalah sebuah virus.
Apabila Anda mengalami hal seperti ini, Anda dapat menghapus seluruh pesan, termasuk lampiran yang masuk ke e-mail. Jika Anda bertekad untuk membuka file dari sumber yang tidak diketahui, sebaiknya file tersebut disimpan dan di- scan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa file tersebut bukanlah sebuah ancaman serius bagi komputer Anda (meskipun masih ada sedikit resiko).
Jika pesan masuk tersebut dari seseorang yang Anda kenal, Anda juga perlu berhati-hati terhadap judul file yang dikirimkannya, misalnya ‘Iloveyou atau Anna Kounikova karena bisa jadi itu adalah sebuah virus. File yang bernama I love u adalah salah satu virus yang sempat menyebar kepada jutaan orang pada tahun 2001, virus ini sempat meresahkan banyak pengguna dunia maya. Anda juga harus berhati-hati dalam memberikan akun pribadi kepada orang yang tidak dikenal melalui akun e-mail.

Lindungi komputer dengan Firewall
Firewall menciptakan dinding pelindung antara komputer dan dunia maya, firewall ini ada dalam dua bentuk yaitu perangkat lunak firewall yang berjalan pada komputer pribadi dan perangkat keras firewall yang melindungi sejumlah komputer pada waktu yang sama. Firewall bekerja menyaring file yang tidak sah atau jenis data berbahaya dari Internet. Firewall juga memastikan bahwa orang yang tidak berwenang tidak dapat mendapatkan akses ke komputer saat Anda terhubung ke Internet, Anda dapat menemukan hardware firewall dan perangkat lunak di toko-toko komputer.

Download update terbaru
Perusahaan perangkat lunak yang paling besar saat ini selalu merilis update dan patch untuk menutup kerentanan yang ditemukan dalam perangkat lunak mereka. Kadang-kadang terdapat banyak bug dalam sebuah program yang memungkinkan seorang hacker menyerang komputer Anda. Sebelum serangan ini terjadi, perusahaan perangkat lunak membuat patch gratis untuk Anda yang biasa di-posting di situs resminya.
Anda juga bisa memeriksa situs vendor perangkat lunak secara teratur untuk patch keamanan terbaru atau menggunakan fitur patching otomatis yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan dalam cara merawat komputer. Pastikan bahwa Anda memperoleh patch dari situs resmi yang terjamin. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal ini sendiri, Anda dapat mengunduh dan menginstall sebuah program utilitas untuk melakukannya secara otomatis.

Gunakan password yang rumit
Kata sandi akan melindungi komputer Anda dari orang luar, pastikan bahwa Anda tidak memberitahukan password kepada siapapun, dan jangan menggunakan password yang sama di lebih dari satu akun. Berikut ini ada beberapa langkah dalam membuat password yang baik:
- Sebuah password harus memiliki minimal 8 karakter.
Anda dapat menggunakan huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka, misalnya, XK2 & LP97.
Ubah password secara berkala, setidaknya setiap 90 hari.
Jangan memberikan password Anda kepada siapapun.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Salam Muda Mudi Indonesia.

Bagikan tulisan ini :

0 komentar:

RAHASIA MASA DEPAN

G +

FANS PAGE

 
Support : AdSense | ASKRI | MMI
Powered by Blogger
Copyright © 2015. Muda Mudi Indonesia - All Rights Reserved
IDYOUNG
Template By Creating Website Design by Asa Gea